Pergunakanlah Waktu yang Ada, Hari-Hari Ini Adalah Jahat
Created by
Wednesday, March 6, 2019

"Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat." Efesus 5:16

Ada pelajaran yang sangat berharga yang bisa kita ambil dari ayat di atas. Kalimat dalam ayat tersebut dipenggal menjadi dua bagian: bagian pertama "pergunakanlah waktu yang ada", dan bagian kedua "karena hari-hari ini adalah jahat". Perhatikan, bagian kedua dari ayat tersebut diawali dengan kata "karena". Ini menunjukkan kepada kita akan adanya akibat apabila kita tidak mempergunakan waktu yang ada!

Saya ambil ilustrasi sebagai contoh. Misal anda akan berangkat dari Bandung lewat Puncak menuju ke Jakarta dengan kendaraan anda, lantas orang tua berpesan: "Hati-hati di jalan, karena hari-hari ini cuaca sangat buruk!". Pesan tersebut sangat berbeda dengan pesan "Hati-hati di jalan!" tanpa lanjutan kata-kata yang lain. Kata-kata "karena hari-hari ini cuaca sangat buruk!" mengandung peringatan kepada kita akan adanya potensi bahaya apabila kita tidak berhati-hati. Menempuh perjalanan dari Bandung lewat Puncak ke Jakarta yang banyak melewati pegunungan, tanjakan, turunan dan tikungan tajam akan sangat berbahaya ketika cuaca buruk. Hujan lebat bisa membuat jalanan menjadi sangat licin yang akan semakin menambah resiko bahaya!

Itu artinya, ayat di atas adalah peringatan bagi kita akan adanya potensi bahaya ketika kita tidak mempergunakan waktu yang ada. Alkitab mengatakan bahwa hari-hari ini adalah jahat. Sedikit kesalahan saja bisa membawa kita pada persoalan serius. Itu sungguh-sungguh terjadi hari-hari ini. Hanya gara-gara persoalan sepele seperti uang parkir, status dan komentar di media sosial, orang bisa bertengkar, berantem, bahkan saling bunuh. Demikian juga ada banyak anak muda yang terperosok, terpenjara narkoba dan akhirnya keluarganya berantakan karena diawali dengan iseng atau coba-coba.

[blockquote source="2 Timotius 3:1-4"]"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah." [/blockquote]

Sebab itu Alkitab mengajarkan kita agar mempergunakan waktu yang ada. Ayat yang sama di KJV ditulis: "Redeeming the time...", Amplified Bible menyebut: "Making the very most of the time [buying up each opportunity]..."

Waktu adalah anugerah Tuhan yang sangat berharga. Waktu bukan hanya berbicara tentang detik, menit, jam, hari atau durasi. Waktu juga berbicara tentang kesempatan. Manfaatkan dan maksimalkan setiap menit dan kesempatan yang kita punya. Kita tidak akan pernah bisa mengembalikkan waktu yang sudah kita habiskan walau cuma semenit.

Jangan membuang waktu kita dengan melakukan hal-hal yang sia-sia. Jangan lengah, iseng atau coba-coba berbuat dosa. Buang dan lempar jauh-jauh hal-hal yang bisa merusak pikiran dan hidup kita.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa mempergunakan waktu dengan benar?

[blockquote source="Efesus 5:17"]"Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." [/blockquote]

Ya, mengerti kehendak Tuhan adalah kuncinya! Firman Tuhan akan mengajar kita untuk membedakan mana yang harus ataupun jangan kita lakukan. Firman Tuhan juga akan memperbaharui pikiran dan perbuatan kita.

Amin!

This article has
5 points
Give points
1 2 3 4 5

I like

You like

Report

You have reported
Reasons
Cancel
0 comments