2 Atau 3 Orang Berkumpul: Mengapa?
Created by
Wednesday, March 6, 2019

"Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." Matius 18:20

Mengapa dua atau tiga orang? Mengapa bukan 100 atau 200 orang? Pertanyaan sederhana ini bisa mengungkapkan banyak hal kepada kita.

Dua atau tiga orang bisa berarti secara harafiah 2 atau 3 orang, bisa juga berarti jumlah yang kecil atau sedikit. Ayat sebelumnya bisa menjelaskan kepada kita apa dan mengapa dua atau tiga orang!

"Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga." Mat 18:19

Kata kunci dari ayat di atas adalah kata "sepakat". Dalam Alkitab bahasa Inggris versi Amplified Bible, kata sepakat diartikan sebagai "harmonize together" atau "make a symphony together".

Sepakat itu bukan hanya melakukan hal yang sama atau menyanyikan lagu yang sama -lebih dari itu! Kita tidak mungkin bisa bersepakat dengan orang yang tidak kita kenal. Kita hanya bisa bersepakat dengan orang yang kita kenal kebutuhannya, kita tahu kerinduan dan doanya. Kesepakatan tanpa peduli apa yang menjadi kebutuhan orang lain hanyalah kesepakatan yang palsu yang tidak akan melahirkan kuasa seperti yang Tuhan janjikan.

Sebab itu "sepakat" adalah suatu proses yang terus menerus harus dibangun -memang bukan hal yang mudah-, karena masing-masing kita memiliki pendapat, kebutuhan dan karakter yang berbeda-beda. Saling mengenal, saling menajamkan, saling menegur, saling mengakui kesalahan, saling mengampuni, saling menasihati, saling merendahkan diri itulah harga yang harus dibayar untuk bisa sepakat. Inilah yang sesungguhnya Tuhan maksudkan dengan gereja: persekutuan!

Sampai disini kita bisa mengerti mengapa Yesus mengatakan "dua atau tiga" orang! Tidak mungkin kita bisa bersepakat dengan banyak orang tanpa kita terlebih dahulu bersepakat dengan sedikit orang. Mulai dengan hal terkecil dalam hidup kita: keluarga kita!

This article has
5 points
Give points
1 2 3 4 5

I like

You like

Report

You have reported
Reasons
Cancel
0 comments