2 Atau 3 Orang Berkumpul: Kapan & Dimana?
Created by
Wednesday, March 6, 2019

Tulisan ini adalah lanjutan dari topik saat teduh sebelumnya "2 Atau 3 Orang Berkumpul: Mengapa?"

Sudah menjadi pendapat dan kebiasaan yang umum bahwa orang melakukan pertemuan ibadah pada hari Minggu  di tempat yang orang sebut sebagai 'gedung gereja'. Banyak orang beranggapan bahwa pertemuan yang diadakan bukan pada hari Minggu atau bukan di dalam 'gedung gereja', bukanlah pertemuan ibadah atau 'kebaktian'.

Apakah benar demikian? Kapan dan dimana kita harus berkumpul? Mari kita kutip kembali ayat yang bisa menjawab pertanyaan ini:

“Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” Matius 18:20

Dalam ayat tersebut, Yesus tidak mempersoalkan tempat fisik dimana kita harus berkumpul. Yesus juga tidak menyebutkan hari apa hendaknya kita berkumpul.  Titik persoalannya bukanlah pada 'hari apa' dan 'dimana' tetapi pada: 'dua atau tiga orang' dan 'dalam Nama-Ku'. Ini berarti dimana saja dan kapan saja kita bisa berkumpul, bersekutu atau melakukan pertemuan ibadah! Yang penting: 'dua atau tiga orang' dan 'dalam nama-Ku'.

Ini berarti bahwa kita bisa menghadirkan hadirat Tuhan dimanapun & kapanpun: di rumah, di pinggir jalan, di dalam kendaraan, dalam perjalanan, di sekolah, di kantor, ketika makan bersama, di tempat kerja, bahkan di kolong jembatan sekalipun, Tuhan berjanji akan hadir di tengah-tengah orang yang berkumpul dalam Nama-Nya!

Yoh 4:21  Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

Yoh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Pengertian ini mestinya bisa memerdekakan dan mengubah hidup kita. Tuhan tidak memandang tempat fisik dimana kita berkumpul, Dia juga tidak mempersoalkan hari apa kita bersekutu. Mulailah dengan hal kecil yang bisa kita lakukan: bersekutu dan saling membangunlah dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Tuhan akan hadir, dan kehadirannya pasti akan mengubah kita!

This article has
10 points
Give points
1 2 3 4 5

I like

You like

Report

You have reported
Reasons
Cancel
0 comments