Gereja Bukanlah Gedung

Apa yang muncul dalam benak anda ketika mendengar kata “gereja“? Saya bersyukur, Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) tidak menerjemahkan kata “church” sebagai “gereja”, tetapi “jemaat“. Walaupun sebenarnya tidak ada perbedaan antara “gereja” dan “jemaat”, namun sebagian besar orang berpersepsi bahwa gereja adalah gedung, padahal Alkitab tidak pernah mengartikan gereja sebagai gedung.

Tidak akan pernah kita temukan dalam Alkitab yang menyatakan bahwa gereja adalah gedung. Gereja itu bukan benda mati, bukan gedung, bukan organisasi, bukan bangunan dan bukan juga sebuah tempat ibadah. Mengapa? Karena Yesus pernah mengatakan bahwa alam maut tidak akan menguasai gereja. (Matius 16:18).

Gedung bisa dihancurkan. Tempat ibadah bisa ditutup. Organisasi bisa dibubarkan. Tetapi gereja tidak akan bisa dihancurkan oleh alam maut sekalipun, ini menyatakan kepada kita bahwa gereja bukanlah gedung. Gereja bukanlah benda mati, gereja adalah jemaat: kumpulan orang-orang yang percaya kepada Kristus. Ketika orang-orang ini berkumpul dalam nama Tuhan –dimanapun dan kapanpun-, Tuhan hadir di tengah-tengah mereka. (Baca renungan saat teduh 2 atau 3 orang berkumpul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *