Harta, Tahta, Cinta Dan Gadget

Anda pasti sudah pernah mendengar ungkapan “Harta, tahta dan wanita“, sebuah ungkapan yang menunjukkan kepada kita titik kelemahan, godaan dan kejatuhan umumnya pria. Para pria akan digoda dan dijatuhkan dengan harta, tahta dan wanita.

Tetapi, sebenarnya bukan hanya pria yang jadi sasaran godaan dan kejatuhan. Wanitapun bisa digoda dan jatuh karena harta, tahta ataupun pria. Jadi, tak terkecuali -semua kita- bisa digoda dan jatuh karena harta, tahta dan cinta, juga…. gadget! Gadget bisa sangat bermanfaat bagi kita, namun gadget pun bisa menjadi alat yang ampuh untuk menjatuhkan kita. Entah sudah berapa banyak orang yang jatuh dalam percabulan, perselingkuhan, pergaulan bebas, narkoba dll karena gadget!

Jangan heran, ini bukan hal yang baru. Ini adalah cobaan klasik, Alkitab sudah mengingatkannya ribuan tahun yang lalu: keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup!

“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.” 1Yohanes 2:16

Yesuspun pernah dicobai dengan pencobaan yang sama (Baca Matius 4:1-11). Dan pencobaan yang sama juga akan mencobai semua kita saat ini.

Tidak ada yang salah dengan harta: karena harta, seseorang bisa menolong orang lain yang kesusahan, bahkan membuat perubahan yang positif bagi bangsa. Tetapi, karena harta pula sesorang bisa saling membenci, menipu bahkan membunuh.

Tidak ada yang salah pula dengan tahta: seseorang dengan jabatan tinggi bisa sangat efektif membangun dan memberi pengaruh yang baik bagi banyak orang. Tetapi, banyak orang juga justru karena punya jabatan tinggi malah terlibat korupsi, penindasan dan kekerasan pada orang lain.

Demikian juga dengan cinta: karena menemukan cinta yang tepat, seseorang bisa semakin mengasihi Tuhan, semakin bertumbuh dan karakternya semakin terbentuk. Tetapi karena cinta juga, sesorang bisa saja jatuh dalam percabulan, perzinahan dan perselingkuhan.

Bagaimana dengan gadget: karena gadget seseorang bisa belajar hal-hal positif, terhubung dan memberi nasihat, motivasi dan dukungan bagi orang lain. Dengan gadget pula sesorang dimudahkan untuk menyebarkan nilai-nilai positif bahkan bagi dunia. Tetapi jangan salah, gadget juga memepermudah banyak orang terhubung dengan pornografi dan prostitusi. Tidak jarang pula karena gadget banyak orang terlibat dalam pertengkaran, kebencian, bullying, pergaulan bebas, penipuan, kekerasan, narkoba dll. Dan banyak juga karena terlalu asik bermain gadget, tanpa disadari sesorang sudah menyia-nyiakan waktu yang begitu berharga, mengabaikan orang-orang disekelilingnya, mengesampingkan perhatian, kasih dan kehangatan keluarga.

Sebab itu, peperangan yang sesungguhnya adalah peperangan yang terjadi dalam hati dan pikiran kita:

“Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.” Yakobus 1:14

Sementara kita berperang dan bergumul dalam hati dan pikiran kita, Iblis tidak tinggal diam:

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” 1Petrus 5:8

β€œdan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.” Efesus 4:27

Sobat, selalu waspada dan berjaga-jaga. Tidak akan ada yang luput dari pencobaan. Semua kita akan dicobai, kita tidak bisa mencegah pencobaan apa yang akan datang dalam hidup kita, tapi sama seperti Yesus yang menghadapi pencobaan dengan firman Tuhan dan menang, kitapun bisa menang atas pencobaan dengan firman Tuhan: Dengar firman Tuhan dan taat! Saya ulangi: Dengar firman Tuhan dan taat!

4 Comments

  1. Bernard   β€’  

    Trims untuk sharingnya, mengena banget! πŸ™‚
    Iya, gadget bisa jadi kawan, bisa juga jadi lawan yang menghancurkan diri sendiri.
    Ijin untuk share buat komunitas youth di Jogja.
    Salam, Bernard – Jogja.

  2. Samuel Wijaya   β€’  

    Glad to read this story. Senang rasanya menemukan orang yang memiliki spirit yang sama. Keep it up! Ditunggu updatenya, lanjutkan πŸ™‚ tambah maju SaatTeduh.com. God bless!

  3. Dora Angelica   β€’  

    Syukur kpd Tuhan krn di tengah percarian menemukan blog saudara.

    Sharing yg sungguh mendorong. Puji Tuhan.
    Terima kasih.

  4. Rudy Kristian   β€’  

    Bersyukur sekali bisa menemukan blog yang indah ini, sangat menginspirasi dan seperti berbicara secara khusus buat saya. Saya merasa begitu diberkati oleh semua tulisan disini. Salam buat semua teman disini. Terima kash, Tuhan memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *