Hidupmu Berharga Di Mata Tuhan

Kaget, prihatin, sedih dengan apa yang kita dengar belakangan ini: bunuh diri, pembunuhan, tawuran, penganiayaan dan tindak kekerasan lainnya yang semakin marak terjadi. Bahkan banyak tindak kekerasan dan pembunuhan seringkali terjadi karena masalah yang sepele, seolah-olah nyawa tidak ada harganya. Lebih miris lagi, banyak kejadian itu melibatkan anak muda, remaja bahkan anak-anak yang masih berstatus pelajar.

Tulisan ini saya tujukan secara khusus buat adik-adik pelajar, mahasiswa dan anak muda:

Tuhan mengasihi kalian semua, hidupmu sangat berharga di mataNya.

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” – Mat 16:26

Tidak ada harta di dunia ini bisa menggantikan nyawa kita. Jikalau harta seluruh dunia ini dikumpulkan jadi satu, itupun tidak cukup berarti untuk bisa menggantikan nyawa dan hidupmu.

Apapun keadaanmu hari ini, -miskin, kaya, tinggi, pendek, sehat, sakit, bahagia, sedih- Tuhan mengasihi kalian semua. Hidupmu begitu berharga di mataNya.

Mungkin ada yang berpikir: “Aku orang yang berdosa, aku sudah banyak melakukan kesalahan, apakah Tuhan mengasihi aku?

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 1 Yohanes 1:9 

Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Roma 5:8 

Tuhan membenci dosa-dosa kita, tetapi Dia mengasihi kita orang berdosa. Itu sebabnya Kristus telah mati bagi kita untuk menebus dosa kita.

Mengapa Kristus harus mati untuk menebus dosa kita? Disalibkan, adalah hukuman mati yang berlaku pada masa Yesus hidup di muka bumi ini, dan diri kitalah -orang-orang berdosa- yang seharusnya digantung di kayu salib dan menerima hukuman kekal, Yesus disalibkan untuk menggantikan hukuman yang mestinya kita terima, karena tidak ada satupun korban atau perbuatan baik, atau seorang yang lain yang bisa menghapus dosa kita -karena semua orang telah berbuat dosa-.

“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Kisah 4:12

Kita begitu berharga di mata Tuhan, itu sebabnya Dia memberikan hidupNya sendiri bagi kita. Dia mati agar kita bisa hidup, Dia juga dibangkitkan agar kita bisa hidup berkemenangan: menang atas dosa dan menang menjalani hidup kita. Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *