Imamat Yang Rajani

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.” 1 Petrus 2:9

Dalam Perjanjian Lama, hanya tiga macam orang yang diurapi untuk melayani Allah: imam, raja & nabi! Tidak pernah kita membaca ada ‘orang awam’ yang diurapi.

Kematian Kristus di kayu salib telah merobek tabir Bait Suci. Dalam Perjanjian Lama , tabir Bait Suci adalah pemisah antara ruang kudus & ruang maha kudus (Kel 26:33). Dengan kematian dan kebangkitan Kristus, kini Allah tidak lagi berdiam dalam Bait Suci buatan manuasia: Kini Allah berdiam dalam hati setiap orang percaya!

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” 1Kr 3:16

Kini, tidak ada lagi tempat fisik yang manjadi tempat suci dimana Allah tinggal. Kematian dan kebangkitan Kristus juga telah menjadikan setiap kita orang percaya sebagai sebagai tempat tinggalNya. Ini sekaligus menjadikan kita sebagai pelayan-pelayanNya: tidak ada lagi ‘orang awam’ atau ‘orang khusus’ yang hanya kepadanya Allah mengurapi. Karena Allah telah menjadikan setiap hati orang percaya sebagi tempat kediamanNya!

Oleh karena itu, apakah anda orang yang percaya kepada Kristus? Bila jawabannya adalah “Ya”, maka anda adalah imamat yang rajani: para pelayan-pelayan Tuhan! 24 jam sehari anda adalah pelayan Tuhan! Hiduplah sebagai pelayan Tuhan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *