Jangan Beri Kesempatan Kepada Iblis

Jangan berpikir bahwa menjadi orang yang percaya kepada Kristus akan menjadikan kita kebal terhadap kegagalan, kejatuhan dan penyesatan. Jangan juga berpikir bahwa kita akan terhindar dari godaan dan cobaan. Justru sebaliknya, menjadi orang percaya akan menempatkan kita menjadi target dari godaan, cobaan dan segala bentuk tipu muslihat Iblis.

Efesus 4:27  “dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.”

Ayat di atas ditulis oleh Paulus kepada jemaat di Efesus. Jemaat di Efesus adalah jemaat yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, tetapi mengapa Paulus mengingatkan mereka untuk tidak memberi kesempatan kepada Iblis? Bukankah mereka adalah orang-orang yang sudah percaya dan mengasihi Tuhan? Hal ini membuktikan kepada kita bahwa orang percaya bisa saja ditipu, dikalahkan, dijatuhkan dan disesatkan. Dan semua itu hanya bisa terjadi apabila kita memberi kesempatan kepada Iblis.

2 Timotius 4:10  “karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku.”

Ayat di atas menyebutkan bahwa Dimas berbalik mencintai dunia dan meninggalkan Paulus. Siapa Demas? Demas adalah rekan sekerja Paulus.

Filemon 1:24  “dan dari Markus, Aristarkhus, Demas dan Lukas, teman-teman sekerjaku.”

Wow, ternyata Demas adalah seorang yang melayani Tuhan bersama-sama dengan Paulus. Sebagai teman sekerja Paulus, pastinya dia adalah seorang yang mengenal dan mengasihi Tuhan. Namun demikian Alkitab mencatat bahwa dia berbalik mencintai dunia dan meninggalkan Paulus.

Bukan hanya Demas, bahkan Alkitab juga mencatat kejatuhan Daud. Semuanya itu mengajarkan agar kita tidak bergantung kepada kekuatan dan pengalaman kita, tetapi semakin bergantung kepada Tuhan. Jangan beri kesempatan sekecil apapun kepada Iblis untuk mengambil hal-hal yang baik dari diri kita. Alkitab terjemahan bahasa Inggris KJV menyebutkan

Efe 4:27  “Neither give place to the devil

Jangan beri tempat kepada Iblis -sekecil apapun- dalam hidup kita. Jaga pikiran, perkataan, perbuatan dan kebiasaan kita. Tetap semangat, bertekun dan setia! Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *