Manfaat Penderitaan

Ada orang yang menderita karena kesalahan dan kebodohannya sendiri, ada pula yang justru menderita karena melakukan kebenaran. Apapun penderitaan anda, dan apapun yang menyebabkan penderitaan tersebut, bersyukurlah! Lho, mengapa?

Apabila anda menderita karena sudah melakukan kesalahan, bersyukurlah, karena itu berarti Tuhan mengasihi anda!

Wahyu 3:19  Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar;

Seorang ayah atau ibu yang baik akan menegor anaknya apabila anaknya melakukan kesalahan. Dia menegur anaknya bukan karena membencinya, justru karena mengasihinya, dia ingin anaknya menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan menjadi pribadi yang lebih baik, kelak dia akan memiliki hidup yang lebih baik.

Mzm 119:67  Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji-Mu.

Tuhan mengijinkan penderitaan karena Dia ingin mengajari kita sesuatu,  membentuk karakter kita dan mempersiapkan kita agar kita siap menerima janji-janjiNya.

Ketika kita berpikir bahwa Tuhan tidak menepati janjiNya, kita salah: karena sesungguhnya kitalah yang belum siap menerima janjiNya. Ada banyak janji Tuhan yang bisa kita temukan dalam Alkitab yang pasti akan Dia genapi, yang sering terjadi adalah bahwa kita belum siap untuk menerimanya. Oleh sebab itu dia ijinkan masalah, pergumulan dan penderitaan dalam hidup kita untuk mengajar dan membentuk kita.

Mzm 119:71  Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

Karakter itu dibentuk melalui proses panjang, bukan sesuatu yang instan dan sekali jadi. Dan melalui penderitaan, Tuhan mengajarkan kita sesuatu  yang tidak bisa diajarkan oleh hal lain. Seseorang tidak kan menjadi orang yang sabar hanya dengan membaca buku tentang kesabaran bukan? Tetapi, melalui peristiwa demi peristiwa yang mungkin tidak nyaman, dia akan belajar sesuatu yang dia tidak akandia peroleh melalui buku.

Ketika anda menderita BUKAN karena kesalahan anda, atau bahkan justru karena melakukan kebenaran, itu artinya Tuhan ingin lebih memberkati dan lebih menyatakan kuasanya melalui anda!

Daniel dicampakkan ke perapian yang menyala-nyala justru karena ketaatannya kepada Tuhan. Namun, justru karena itu pula Tuhan menyatakan kemuliaannya atas Raja Nebukadnezar dan bangsanya.

Berkatalah Nebukadnezar: “Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah manapun kecuali Allah mereka.” Daniel 3:28

Demikian juga, Allah memberkati hidup Ayub dua kali lipat setelah dia menderita sekian lamanya. Ayub menderita bukan karena dia sudah melakukan kesalahan. Alkitab mencatat bahwa dia adalah orang yang saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. (Ayub 1:1) Tuhan mengijinkan penderitaan atas Ayub, karena Tuhan ingin lebih memberkati dan ingin menyatakan kuasaNya melalui hidup Ayub.

Ayub 42:10  Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

Jadi, apakah anda sedang dalam pergumulan hari ini? Bersyukurlah karena Tuhan mengasihi anda, Dia sedang mengajar dan ingin membentuk anda menjadi lebih baik, Dia ingin memberkati dan menyatakannya kuasanya melalui hidup anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *