Semangat yang Patah Mengeringkan Tulang

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Amsal 17:22

Anda pasti sudah sangat akrab dengan perkataan “Hati yang gembira adalah obat”, itu adalah hal yang benar sekali! Tetapi bagaimana dengan “semangat yang patah mengeringkan tulang“?

Ada dua peran dan fungsi tulang yang sangat penting bagi tubuh kita: Pertama, tulang menopang seluruh tubuh kita sehingga kita mampu berdiri, berjalan dan beraktifitas. Kedua, tulang melindungi organ-organ penting dalam tubuh kita seperti hati, paru-paru, jantung, otak dll.

Tulang yang kering akan rapuh, mudah patah dan menjadikannya tidak dapat menopang tubuh kita serta tidak mampu melindungi organ-organ dalam tubuh kita dengan baik. Sama seperti tulang yang kering yang takkan mampu menopang dan melindungi tubuh kita, semangat yang patah akan akan membuat kita lemah dan tidak mampu menghadapi dan menjalani hidup kita.

Hidup adalah sebuah perjuangan dan perlombaan. Kita sudah memulainya dengan baik ketika kita percaya dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Tapi itu adalah awal. Kita masih harus terus berjuang dan berlomba hingga finish dengan iman masih terjaga. Kita akan dihadapkan tantangan, permasalahan dan pergumulan yang silih berganti.

Sebab itu jangan patah semangat! Semangat yang patah membuat kita tidak akan mampu berdiri tegak dan berjalan menghadapi tantangan hidup. Semangat yang patah juga akan membuat hati kita tidak terlindungi dan mudah tersakiti. Semangat yang patah akan menjadikan kita lemah dan tak berdaya, bukan hanya secara mental. Bila itu terus terjadi, bukan mustahil akan membuat fisik kering, rapuh, lemah, sakit dan tak berdaya.

“Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?” Amsal 18:14

Orang yang semangat akan mampu menanggung persoalan demi persoalan. Hati yang semangat akan memberi kita kekuatan dan memampukan kita menanggung penderitaan.

Tetap semangat! Ada pengharapan besar yang menanti kita. Bersama Kistus kita bisa menjalani hidup kita dan tetap tegak pada akhirnya!

Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *